Darimana MrBeast Mendapatkan Uang Untuk Donasi dan Konten Besar-Besaran?

darimana sumber uang mrbeast

MrBeast adalah salah satu YouTuber paling populer di dunia, dengan lebih dari 184 juta subscriber. Dia terkenal karena video-videonya yang menampilkan donasi besar-besaran kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti memberikan rumah, mobil, atau bahkan pulau. Tapi, darimana MrBeast mendapatkan uang untuk melakukan semua itu?

Sumber Pendapatan MrBeast

MrBeast memiliki beberapa sumber pendapatan utama yang memungkinkannya menghasilkan jutaan dolar setiap tahun. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Iklan YouTube

Ini adalah pendapatan dasar dari setiap YouTuber, yaitu bagian dari uang yang dibayarkan oleh pengiklan kepada YouTube untuk menampilkan iklan di video mereka. MrBeast mendapatkan banyak tayangan di videonya, yang berarti banyak iklan yang ditonton oleh penontonnya. Menurut Social Blade, perkiraan pendapatan MrBeast dari iklan YouTube berkisar antara $5,6 juta hingga $89,3 juta per tahun.

mrbeast social blade

Memang benar angka tersebut hanyalah perkiraan, namun dengan adanya perkiraan tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa penghasilan MrBeast dari 1 platform saja sudah segitu besarnya.

mrbeast videos

Diatas adalah screenshot pada tanggal 20 September 2023, bisa dilihat bahwa semua video MrBeast selalu menyentuh angka diatas 100 juta penonton. Sebuah angka yang sangat fantastis untuk sebuah video youtube perorangan untuk bisa mencapai penonton sebanyak itu.

Sebagai gambaran saya telah mengumpulkan data, dimana beberapa sumber menyebutkan bahwa setiap 1000 penonton yang berada di Amerika Serikat youtube akan membayar kira-kira sebesar $2. Nah jika setiap video setidaknya memiliki 100 juta penonton, maka hasil yang didapatkan oleh MrBeast adalah $200Rb, atau 3 Miliar. Ingat, angka ini didapat jika $2 per 1000 penonton, angka $2 ini tidaklah tetap, hanya sebuah perkiraan.

Jadi sangat masuk akal jika MrBeast membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk membuat kontennya, rentang video yang dibuat oleh MrBeast pun bisa dihitung jari setiap bulannya.

Sponsor

Ini adalah pendapatan tambahan dari perusahaan atau merek yang membayar MrBeast untuk mempromosikan produk atau layanan mereka di videonya. Biasanya, MrBeast akan menyebutkan nama sponsor di videonya, atau menunjukkan produk mereka secara langsung. Beberapa sponsor yang pernah bekerja sama dengan MrBeast adalah Honey, Cash App, NordVPN, dan Quidd.

Selain sponsor diatas, masih ada sponsor lainnya yang pernah menggunakan jasa MrBeast di beberapa videonya. Di beberapa wawancara yang saya tonton, MrBeast memberikan statement bagaimana cara dia membiayai setiap membuat konten dan yang paling besar adalah dari sponsor.

MrBeast bahkan di pernah mengungkapkan bahwa semua uang sponsor akan dia gunakan untuk membuat konten, jadi masuk akal jika di setiap kontennya orang ini terlihat sangat WAH.

Merchandise

Ini adalah pendapatan dari penjualan barang-barang bertema MrBeast, seperti kaos, hoodie, topi, dan lain-lain. MrBeast memiliki situs web resmi untuk menjual merchandise-nya, yaitu shopmrbeast.com. Dia juga sering memberikan diskon atau penawaran khusus kepada penggemarnya.

Bahkan dulu di setiap konten MrBeast mengajak agar subscribernya agar membeli merchandisenya, hal ini dilakukan agar penonton ikut berpartisipasi dalam pembiayaan video konten yang akan dibuat selanjutnya.

Investasi

Ini adalah pendapatan dari modal yang ditanamkan MrBeast di berbagai bisnis atau proyek lain. Misalnya, MrBeast memiliki restoran burger sendiri yang bernama MrBeast Burger, yang memiliki lebih dari 600 cabang di seluruh Amerika Serikat. Namun belakangan diketahui bahwa MrBeast burger mendapatkan banyak kecaman dan ternyata MrBeast malah mendapatkan kecaman dari MrBeast burger, lah kok bisa?

Dikutip dari theverge, MrBeast digugat $100 juta sebagai balasan akan tudingan MrBeast terhadap penyedia bahan dapur dan pengirimannya yaitu VDC (Virtual Dining Concepts). VDC mengklaim bahwa MrBeast gagal dalam menyampaikan promosinya dan membuat statemen yang merugikan mereka. VDC bahkan mengatakan bahwa aksi tersebut telah menimbulkan kerugian yang sangat besar.

Hal yang cukup aneh ya? bahkan pembeli yang pernah makan disitu mengatakan bahwa makanannya menjijikan dan tidak layak dimakan.

Selain itu MrBeast juga memiliki usaha lain yaitu Feastable yaitu snack coklat yang masih sering dipromosikan di setiap video kontennya.

feastables

Gambar diatas adalah tampilan dari produk MrBeast yang ada di website resminya yaitu https://feastables.com/.

MrBeast juga memiliki aset kripto dan NFT, beberapa aset yang dibeli oleh MrBeast adalah CryptoPunks dan Xcademy’s. MrBeast kerap kali berkolaborasi dengan coinbase salah satunya dalam pembuatan video ini.

 

Investasi lain yang dilakukan MrBeast ada di "Current", sebuah perusahaan keuangan yang memberikan modal kepada digital dan gaming industri.

Pengeluaran MrBeast

MrBeast tidak hanya menghasilkan banyak uang, tetapi juga menghabiskannya dengan cepat. Dia sering mengeluarkan ratusan ribu atau bahkan jutaan dolar untuk donasi atau tantangan di videonya. Berikut adalah beberapa contoh pengeluaran MrBeast yang paling besar:

  • Berhasil membuat kampanye tentang menanam pohon sebanyak 20 juta benih dengan total biaya $20Jt.
  • Membersihakan lautan dari sampah sebesar 13600 Ton.
  • Membuat sumur di Afrika.
  • Membantu 1000 orang buta agar bisa mellihat kembali.
  • Membantu 1000 orang tuli agar bisa mendengarkan secara normal.
  • Memulai perusahaan makanan ringan, Feastables
  • Menyumbangkan lebih dari 100 mobil
  • Memberikan sebuah pulau pribadi (dua kali)
  • Menyumbangkan 1 juta dolar dalam satu video
  • Menggunakan layanan uber untuk menyelusuri Amerika
  • Mengadopsi semua anjing yang ada di tempat penampungan
  • Membeli tiket lotre senilai $1.000.000
  • Menjual rumah seharga $1
  • Menciptakan kembali "Squid Game" dalam kehidupan nyata
  • Memberikan sebuah pabrik cokelat
  • Memberikan jet pribadi
  • Bertahan hidup selama 50 jam di Antartika

Berdasarkan dari penjelasan diatas, jelas bahwa pengeluaran MrBeast tidak main-main dalam membuat videonya, sangat wajar apabila dia mendapatkan atensi atau perhatian yang sangat besar dari banyak media dan para penontonnya.

Apakah kamu juga suka menonton MrBeast? Kalo iya coba beritau saya alasannya melalui kotak komentar dibawah ya 😀

Post a Comment for "Darimana MrBeast Mendapatkan Uang Untuk Donasi dan Konten Besar-Besaran?"